Sabtu, 13 November 2010

MEMASANG KABEL JARINGAN

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang dibutuhkan pada memasang:

1. Tang Klem untuk RJ-45

2. Kabel Tester (Untuk RJ-45)

3. Toolset

4. Kabel UTP

5. Konektor RJ-45



C. Materi Teoritis

Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan terminator diujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubung antar komputer pun mengalami perubahan serupa, mulai dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serat optik dan laser menjadi tumpuan perkembangan jaringan komputer.
Hingga sekarang, teknologi jaringan komputer bisa menggunakan teknologi "kelas" museum (seperti 10BASE2 menggunakan kabel Coaxial) hingga menggunakan teknologi "langit" (seperti laser dan serat optik). Akan dibahas sedikit bagaimana komputer terhubung satu sama lain, mulai dari teknologi kabel Coaxial hingga teknologi laser.
Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair UTP
(unshielded twisted pair) dan STP (shielded Twisted pair) dan coaxial cable. Adapun tipe kabel

yang lain adalah fiber optic, tipe kabel ini mempunyai kecepatan transfer data cukup tinggi. Dengan demikian harga untuk kabel fiber relative mahal.




Contoh kabel-kabel
Kabel UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan antara computer satu dengan computer lain dengan menggunakan port RJ45-Male. Kabel UTP dapat digunakan untuk membangun jaringan LAN yang besar dengan terminal berupa hub atau switch. Secara fisik, kabel UTP memiliki 4 pasang (8 buah) kabel yang dikelilingi (dipilin) oleh jaket dengan bahan karet. Dari keempat pasang kabel tersebut, kabel yang akan digunakan hanya 6 buah (3 pasang).


Kabel UTP dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kecepatan yang dimiliki. Jenis pertama adalah kabel UTP biasa, yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer pada ethernet dengan kecepatan 10 Mbps. Jenis kedua adalah kabel UTP kategori 5. Jenis ini memiliki kecepatan lebih besar dari jenis pertama, yaitu mendukung ethernet dengan kecepatan 100 Mbps.

Contoh gambar

Dengan adanya perbedaan kecepatan akses, anda dapat membedakan penggunaan kabel dengan memperhatikan kebutuhan. Apabila anda sedang menggunakan ethernet dengan kecepatan 100 Mbps, maka anda harus memakai kabel UTP kategori 5, demikian juga sebaliknya.


Konektor RJ45-Male

Konektor RJ45-Male adalah konektor yang dipasang pada kabel UTP. Cara pemakaiannya adalah dengan memasukkannya pada lubang port RJ45-Female yang ada pada kartu LAN. Secara fisik, bagian ujung dari konektor ini akan memiliki 8 pin berbentuk kawat baja. Kawat ini digunakan untuk mengunci serat kabel UTP yang dimasukkan pada konektor.
4.Teknik Pemasangan dan Pengetesan Kabel Port RJ45



Untuk pemasangan kabel UTP pada port RJ45, kita tidak dapat menggunakan urutan warna sembarangan. Untuk penggunaan tertentu, kita harus menggunakan urutan warna yang berbeda karena sudah menjadi aturan.


Cara pemasangan jaringan dibagi menjadi dua, terutama untuk jaringan dengan media transmisi kabel UTP, yaitu model straigth (sejajar) dan cross over (silang).

a. Model Straigth (sejajar)

Model sejajar atau Straigth merupakan model pemasangan kabel yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Model pemasangan kabel seperti ini akan berguna apabila kita menggunakan terminal switch atau hub.



Apabila kita menginginkan pemasangan jaringan dengan terminal berupa hub atau switch, kita harus memasang kabel sejajar. Teknik pemasangannya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar kabel strike


b. Model Cross Over (silang)



Apabila kita hendak memasang dua unit komputer dalam satu jaringan dengan terminal tidak berupa hub dan switch, maka kita harus memasang kabel dengan sistem silang.


Pemasangan kabel dengan cara silang atau cross over digunakan untuk menghubungkan 2 komputer dengan media transmisi kabel UTP dan port RJ45. Pada pemasangan silang, urutan kabel yang disilang hanya pada nomor 1, 2, 3, dan 6. Penyilangan tersebut disebabkan karena total kabel yang digunakan dalam port RJ45 hanya 6 pin kabel, yaitu nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.


Pada pemasangan kabel secara silang, kita dapat menggunakan urutan warna yang berbeda. Berdasarkan gambar di atas, susunannya adalah 1 bertemu dengan 3, 2 bertemu dengan 6, 3 bertemu dengan 1 dan 6 bertemu dengan 2, untuk urutan nomor 4 dan 5 tidak disilangkan.
Gambar kabel cross over

5.Crimping Tools

Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking.

Gambar Crimping Tools
D. Langkah Kerja

Sebelum melakukan pemasangan kabel jaringan, ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu ketersediaan Kabel UTP, Konektor RJ45-Male dan Crimping Tools.



Gambar

1. Kupas lapisan luar kabel UTP sepanjang ± 1 Cm dari ujung, sehingga 8 urat kabel
terlihat dari luar.


2. Susun urutan warna kabel sesuai dengan standard internasional

  • Susunan kabel straight
  • Susunan kabel cross

                3. Masukkan Ujung kabel UTP yang telah disusun menurut urutan internasional,
 

                4. kemudian jepit dengan menggunakan crimping tool.